Tuesday, February 12, 2013

0 Masih Tayangkan Film Anti Islam, Youtube Diblokir di Mesir

Date: Tuesday, February 12, 2013 11:25 AM
Category:
Author: kasepogi
Share:
Responds: 0 Comment


Masih ingat dengan Innocence of Muslim? Buntut film anti Islam tersebut belum usai. Pemerintah Mesir harus memblokir Youtube tak kurang sebulan sebab film ini masih berkeliaran di situs berbagi Google tersebut.

Pekan lalu, pengadilan di Kota Kairo Mesir memutuskan menutup akses situs Youtube selama sebulan penuh. Ketua majelis hakim Hassouna Tawfiq mengatakan jika Youtube mengabaikan kemarahan jutaan warga Mesir.

“Youtube berkeras menayangkan film yang menghina Islam dan nabinya itu. Situs tersebut tidak menghormati kepercayaan jutaan warga Mesir dan kemarahan warga muslim,” ujarnya.

Sementara itu juru bicara Google di Kairo, Maha Abouelenein belum menerima surat pemblokiran ini. Otoritas Pengaturan Telekomunikasi Nasional Mesir pun siap lakukan perintah pengadilan setelah terima salinan putusan.

Youtube sepertinya tak belajar dari pengalaman. Padahal kerusuhan yang dipicu dari film ini secara total telah menelan korban hingga 50 orang tewas di 20 negara di dunia. Bahkan Duta Besar Libya John Christopher Stevens dan tiga anggota stafnya meregang nyawa tak luput dari aksi kerusuhan.

Innocence of Muslim pertama kali menggegerkan dunia pada 11 September 2012 lalu. Dua kerusuhan besar hampir terjadi secara bebarengan di Kairo dan Benghazi (Libya). Sementara itu pengadilan Mesir telah mejatuhkan hukuman mati pada pelaku dan penyebar film tersbeut.

Sayangnya persidangan yang ada hanyalah in absentia. Sebiuh persidangan simbolis dengan tersangka di Amerika Serikat: tujuh pemeluk Kristen Koptik asal Mesir dan pendeta kontroversi Terry Jones.

Artikel Terkait :



Post a Comment